TERANG TUHAN
Terang Tuhan Bersinar Bagimu

Ekklesia


mg_3675Kata “Jemaat” adalah kata serapan dari bahasa arab, menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ‘himpunan umat’. Kata yang sinonim dengannya adalah ‘Gereja’ yang berasal dari bahasa portugis ‘igreja’ yaitu kata yang diserap dari bahasa Portugis.
Kata ‘jemaat/gereja’ dalam Alkitab PB bahasa asli Yunani ditulis dengan kata εκκλησία (ekklêsia) yang berarti dipanggil keluar (ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil); kumpulan orang yang dipanggil ke luar dari dunia untuk menjadi murid Kristus.
Kata Yunani εκκλησία (ekklêsia) umumnya dipakai bagi sidang umum dari penduduk kota yang dikumpulkan secara resmi sehingga kata ekklêsia bermakna ‘pertemuan/sidang’.

Essensi dari ekklesia adalah Qadosh dan Apostolos
Dalam bahasa Ibrani, qadosh, yang berarti “terpisah atau tidak bercampur dengan yang lain”. Berbicara tentang kekudusan Tuhan berarti berbicara tentang “keberbedaan”-Nya yang menggetarkan. Dan, Tuhan yang kudus ini menghendaki umat yang dipilih-Nya, untuk mencerminkan pribadi-Nya. 1 Petrus 2:9 “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib”.

Kita dipanggil keluar dari kegelapan dunia ini pertama untuk menjadi kudus/ Qadosh, karena Allah kita adalah Allah yang kudus yang berarti kita dipisah dari dunia ini dimana kita harus tahu batasan antara kekudusan dan keduniawian sehingga kita berbeda dengan orang-orang yang tidak mengenal Allah, kita menjadi bangsa yang terpilih dan dipilih supaya bisa menjadi anak-anak yang taat dari Allah.

Kita dipilih bukan untuk melakukan seperti yang kita ingini, tetapi untuk melakukan seperti yang diingini Allah. Sebagai orang Kristen, kekudusan merupakan hal yang wajib dan sangat mendasar. Kita tidak akan berhadapan muka dengan Allah apabila kita jauh dari kekudusan tetapi juga bahwa kita bukan menjadi orang-orang yang ekslusif, secara fisik memisahkan diri dari masyarakat, dari keluarga ataupun dari orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus.

Batasan antara kekudusan dan keduniawian itu yang kita harus jaga dengan membentuk pola pikir yang baru berdasarkan pikiran Kristus dan perbuatan-perbuatan kita menurut kebenaran Firman Tuhan. Ketika kita sudah berada di Zona Qadosh, menikmati hadirat Tuhan dalam persekutuan kita dengan-Nya, kita harus sadar bahwa kita masih punya tugas penting yang Tuhan Yesus perintahkan kepada kita yaitu menjadi seorang Apostolos. Matius 28:19-20 Katakan: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”.

Kata αποστολος-apostolos berasal dari kata kerja αποστελλω – apostello, “mengirimkan, mengutus”. digunakan sebagai substantif berarti seseorang yang diutus, utusan/duta. Banyak orang kristen ketika sudah berada dalam komunitas Qadosh, mereka tidak mau lagi menjadi seorang apostolos kedalam dunia, jadi siapa yang akan memberitakan injil? Kita adalah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kita memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. Ketika kita menjadi bangsa yang terpilih, kita akan menjadi imam-imam yang melayani Raja segala raja dan hidup dalam kekudusan untuk memberitakan injil keselamatan kepada seluruh bangsa-bangsa di dunia.

Belum Ada Tanggapan to “Ekklesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: