TERANG TUHAN
Terang Tuhan Bersinar Bagimu

Kesatuan Gereja


GambarEfesus 4:11-13 ‘Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus’.

Allah sementara membangkitkan gereja untuk kebangunan rohani, mulai dari kebangunan rohani gereja lokal sampai kebangunan rohani yang global, karunia pelayanan yang sesungguhnya tidak hanya diberikan kepada gereja atau denominasi tertentu demi kepentingan mereka sendiri, tetapi diberikan bagi seluruh tubuh Kristus untuk membangun seluruh jemaat.

Orang-orang ini di panggil kepada gereja universal yaitu gereja suatu kota, suatu daerah, suatu bangsa atau bangsa-bangsa sesuai dengan wilayah yang Allah tetapkan dan sesuai dengan anugerah yang Allah berikan, hal ini nyata di dalam Kitab 2 Korintus 10:13-15 mengatakan:  “Sebaliknya kami tidak mau bermegah melampaui batas, melainkan tetap di dalam batas-batas daerah kerja yang dipatok Allah bagi kami, yang meluas sampai kepada kamu juga. Sebab dalam memberitakan Injil Kristus kami telah sampai kepada kamu, sehingga kami tidak melewati batas daerah kerja kami, seolah-olah kami belum sampai kepada kamu. Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami.

Mereka benar-benar universal, dalam arti melayani seluruh jemaat, memperlengkapi orang-orang kudus (Efesus 4:12), tanpa memandang label denominasinya, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.

Pencapaian tujuan ini di sediakan bagi seluruh gereja, bukan hanya sebagian, atau hanya untuk suatu kelompok elit rohani. Kebangkitan rohani yang spektakuler akan menjangkau begitu luas ke seluruh belahan dunia ini dan akan datang dengan secara bergelombang yang tak akan pernah berhenti sampai pada kesudahan jaman, pekerjaan ini tidak mungkin hanya di tangani oleh satu kelompok saja atau satu denominasi saja ataupun satu elite rohani tertentu saja melainkan akan melibatkan seluruh anggota Tubuh Kristus dan ini akan menuntut adanya kantung-kantung anggur baru yaitu kemunculan gereja-gereja pedesaan, perkotaan yang baru.

Kesatuan gereja-gereja ini bukan hanya muncul dalam satu perayaan secara serempak dan besar-besaran  dalam gelanggang stadion atau tempat-tempat besar yang bisa menampung ribuan orang, tetapi juga akan bergerak dalam perkumpulan dari rumah ke rumah (yang dinamakan gereja cell), jalan ke jalan bahkan sampai tempat kumuh ke tempat kumuh di situ mereka dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan (Kisah Para Rasul 2:46-47).

Populasi urban yang sangat besar akan di tuai melalui “sebuah gereja tanpa tembok”.  Definisi gereja yang bersifat kelembagaan dan denominasional akan menjadi usang dan tinggal definisi geografis saja yang bertahan. Yuridiksi pemerintahan sipil dan lokal yang mejadikan batasan-batasan gereja bukan lagi menjadi perpecahan atau aliran. Para Pendeta dan Pendoa Syafaat telah melintasi batas kesetiaan denominasi untuk berdoa dan bersyafaat bagi kebangunan rohani dan transformasi sedunia, yang di mulai dari transformasi gereja lokal, sekota, sedaerah, sebangsa dan berbagai bangsa-bangsa.

Dan kita telah di panggil menjadi agen-agen perubahan untuk kesatuan gereja yang universal.

Matius 28:19 katakan: ‘Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Belum Ada Tanggapan to “Kesatuan Gereja”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: