TERANG TUHAN
Terang Tuhan Bersinar Bagimu

Nama khusus El atau Yehovah


El-Olam,
Di Bersyeba Abraham menanam sebatang pohon tamariksa dan memanggil disana nama Tuhan (Yahweh), el’olam (Kejadian 21:33 “Lalu Abraham menanam sebatang pohon tamariska di Bersyeba, dan memanggil di sana nama TUHAN, Allah yang kekal”). Disini TUHAN (Yahweh) adalah nama-Nya dan penjelasan nama itu disebutkan sesudahnya, yaitu: ‘Allah yang kekal’. Bentuk asli dari nama ini yaitu; ‘El dhu-‘Olami, yang berarti Allah kekekalan.

El-Elohe Israel,
Yakub ketika tiba di Sikhem membeli sebidang tanah dan disana ia mendirikan mezbah untuk Tuhan dan menamakannya el-elohe Yisra’el (Kejadian 33:20 “Ia mendirikan mezbah di situ dan dinamainya itu: “Allah Israel ialah Allah.” Yang berarti Allah (el) adalah Allah (‘elohim) dari Israel, dengan cara ini ia memperingati pertemuan yang baru saja ia alami dengan malaikat di tempat yang ia namai Pniel (Peni’el yang berarti ‘muka Allah’ Kejadian 32:30 “Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!”). Jadi ia menerima Israel sebagai namanya dan taat beribadah kepada Allah.

Yehovah-yireh,
Dalam Kejadian 22 ketika malaikat Tuhan menunjukkan seekor domba jantan sebagai korban bakaran pengganti Ishak, Abraham menamai tempat itu ‘Yahweh yir’eh’ yang berarti Tuhan menyediakan, Kejadian 22:8-14: “Sahut Abraham: “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.
Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan. “Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.” Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.

Yehovah-nissi,
Dalam cara yang agak sama sesudah mengalahkan orang-orang Amalekh, Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya Yahweh-nissi, yang berarti “Tuhan-lah panji-panjiku”. Tetapi ini bukanlah nama-nama Allah, melainkan sebagai peringatan terhadap peristiwa-peristiwa tersebut.

Yehovah-syalom,
Ini adalah nama yang diberikan oleh Gideon kepada mezbah yang ia dirikan di Ofra, Hakim-hakim 6:22-24 “Maka tahulah Gideon, bahwa itulah Malaikat TUHAN, lalu katanya: “Celakalah aku, Tuhanku ALLAH! sebab memang telah kulihat Malaikat TUHAN dengan berhadapan muka.” Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati.” Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer.

Yehovah-tsidkenu,
Ini adalah nama yang dengannya Mesias akan dikenal. Yahweh-tsidqenu artinya “TUHAN keadilan kita” Yeremia 23:5-6 “Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN keadilan kita.”

Yehovah-syamma,
Nama ini diberikan kepada kota dalam penglihatan Yehezkiel, Yahweh-syamma yang berarti: “TUHAN hadir disitu” Yehezkiel 48:29-35 “Inilah negeri yang harus kamu bagi-bagi menjadi milik pusakamu di antara suku-suku Israel, dan itulah bagian-bagian mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH.” Inilah pintu-pintu keluar kota itu: di sisi sebelah utara, yang ukurannya adalah empat ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang, yaitu pintu gerbang Ruben, pintu gerbang Yehuda dan pintu gerbang Lewi — sebab pintu-pintu gerbang kota itu disebut menurut nama suku-suku Israel –.
Di sisi sebelah timur, yang ukurannya empat ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang juga, yaitu pintu gerbang Yusuf, pintu gerbang Benyamin dan pintu gerbang Dan. Di sisi sebelah selatan, yang ukurannya empat ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang juga, yaitu pintu gerbang Simeon, pintu gerbang Isakhar dan pintu gerbang Zebulon. Di sisi sebelah barat, yang ukurannya empat ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang juga, yaitu pintu gerbang Gad, pintu gerbang Asyer dan pintu gerbang Naftali. Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU.”

Belum Ada Tanggapan to “Nama khusus El atau Yehovah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: